Kamis, Februari 26, 2009

TUNIIA: TEMPAT MENARIK 'MAKAN ANGN'

International Living menempatkan Tunisia, sebuah negeri nun di Afrika Utara berbatasan degan Libya dan Al-Jazair menjadi tempat teratas buat plesiran dan cari angin. Tunisia menempati ranking ke-77 dari seluruh dunia dan menempati ranking teratas dari dunia Arab dan Timur Tengah, diikuti kemduian oleh Maroko dan Jordan, ranking ke-91 dan Maroko ranking ke-98. Perankingan International Living berdasarkan unsur-unsur enjoying kehidupan dari sisi ekonomi, sosial, kesehatan dan lingkugan.

Tunisia menjadi berubah sejak beberapa tahun terakhir ini berkat sistem yang diterapkan oleh Presiden Zenabdeen Ben Ali membuat lmpatan dalam kemajuan egeri itu di berbagai bidang, terutama dalam jaudah al-hayat, dimana sejak tahun 1987 pendapatan perkapita pendudunya melompat 4 kali menjadi USD $ 5.000, penduduk tingkat menengah semakin banyak mencapai 2/3 jumlah penduduk dan tingkat kemiskinan menurun sebear 3.8 %.

Diatara unsur yang jelas dalam jaudah al-hayat tersebut adalah meningkatnya keadaan 'berperadaban' menjadi 65 %, penerangan istrik dan air bersih naik menjadi 98 % dan penduduk yang punya rumah (gak ngontrak) menjadi 80 %. Sedangkan dalam bidang pendidikan Tuisia berhasil mensekolahkan 99% anak-anak usia sekolah dan merupakan angka spektakuler d dunia Arab. (Al-Arab, 13-14 Feb 2009).

Tidak ada komentar: