Selasa, Agustus 26, 2008

DI DEPAN BENTENG LAMA TRIPOLI, LIBYA



Didepan Old Chitadel, Kota Tripoli, Libya (23 Agustus 2008). Nampak dalam gambar bangunan tua yang merupakan tembok pertahanan (benteng) yang berada di tepi laut kota Tripoli, yang sekarang menjadi pusat kota dan objek wisata. Istilah di Tripoli dikenal dengan 'Madinah'. Tripoli merupakan kota yang tidak terlalu besar utuk ukuran sebuah ibu kota. Tempat rekreasi juga tidak banyak kecuali berenang di pantai yang suka maupun mancing bagi yang hobby. Satu-satunya tempat tujuan yah madinah tersebut. Kalau di Jeddah samam dengan 'Balad'. Biasanya waktu kita banyak habiskan dengan melihat barang-barang di toko, walau tidak beli, karena harganya bila dirupiahkan cukup mahal. Paling hanya maan diresto Turki atau Mesir, bahkan makan makanan khas Libya.

Kota lama Tripoli ini juga merupakan objek wisata bagi para wisatawan manca negara. Di dalam kota terdapat pasar tradisional dan barang-barang lainnya, juga terdapat toko-toko emas, souvenir dsb. Benteng Tua ini merupakan daerah pertahanan dari serangan luar terutama menggunakan pasukan kapal laut. Maklum pad zaman itu belum ditemukan kapal tempur (udara). Di dalam bangunan Chitadel terdapat museum yang mengisahkan perjalanan kota Tripoli sejak zaman kuno, Yunani, Romawi, Islam dan modern.

Tripoli sendiri berasal dari Tripolitania atau tiga kota. Pertama Kota Leptis Magna (ceritanya nanti khusus), Kedua kota Oui (Nama kuna Tripoli) dan Misurata. Ketga kota pesisir ini merupakan kota penting pada zaman Romawi. Peninggalannya masih utuh dan ada hingga sekarang yang dikenal sebagai Leptis Magna (Leptis Besar) utuk membedakan dengan Leptis Minor yang terdapat di Tunisia.

Tidak ada komentar: