Minggu, Maret 02, 2008

Sang Guru Bangsa

MIMPI BERTEMU CAK NUR
Malam Rabu (7-6-2006) aku bermimpi berjumpa Cak Nur. Dalam mimpi tersebut Cak Nur naik mobil Kijang model Grand Extra dan beliau dalam keadaan lumpuh (tidak dapat berjalan). Beliau memberikan isyarat agar aku memapahnya. Aku pun datang menghapiri mobil tersebut daN memapah beliau dan aku dudukkan di suatu tempat. Seperti Aula tapi bukan aula Universitas Paramadina. Suasananya pun bukan suasana kampus Universitas Paramadina. Lokasinya seperti di sebuah desa dimana banyak tumbuh pohon mangga yang rindang, dengan halaman yang luas di depannya. Pada waktu itu, nampaknya di tempat itu ada semacam acara bagi para siswa dan mahasiswa seperti pidato, ceramah, permainan dan lain-lain. Pada saat aku papah Cak Nur ada Bu Omi Komariah (istri Cak Nur) mengikuti kami dan berjalan disebelah saya juga tanpa berbicara apa-apa.Dalam suasana kegiatan atau acara para siswa itu, Cak Nur duduk di ruang terpisah disebelah aula. Beliau tidak berkata apapun kepadaku. Hanya memberi isyarat agar aku memapahnya membawa beliau ke tempat yang dituju dari mobil, dan mendudukkannya di ruang sebelah aula.
Mimpi ke-2 (aku lupa tanggalnya). Peristiwanya terjadi di sebuah ruangan besar seperti aula. Ditempat itu juga ada budhy Munawar-Rachman. Waktu itu ada acara presentasi oleh mahasiswa S2 Falsafah dan Agama, yaitu M. Faisal Badrun (sekarang Dekan Fakultas Ekonomi UIN Jakarta). Cak Nur meminta aku untuk memberikan presentasi/kuliah mengomentari presentasi Pak Faisal.
Apakah tafsir mimpi tersebut? Saya sendiri belum tahu maknanya. Ada yang bisa? Kami tunggu komentar anda. Wallahu A’lam bi al-Shawab.

Tidak ada komentar: